PERSEPSI ORANG TUA MENGENAI PEMBELAJARAN ONLINE DI RUMAH SELAMA PANDEMI COVID-19
Abstract
Masa pandemi covid-19 membawa dampak yang sangat signifikan pada dunia pendidikan. Pembelajaran daring di berbagai tempat pun mengambil langkah tersebut. Pada kenyataannya tidak serta merta berbagai kalangan terkhusus pihak orang tua sepakat dengan hal itu. Orang tua selaku kolega dalam dunia pendidikan sangat dikejutkan dengan adanya pembelajaran daring. Bagi sebagian masyarakat pedesaan, hal itu bukan bukan hanya mengejutkan namun sangat merepotkan. Dengan latar belakang itulah peneliti kemudian ingin mengetahui lebih dalam mengenai persepsi orang tua yang tinggal di pedesaan terkait penyelenggaraan pembelajaran daring tersebut. Peneliti merumuskan pertanyaan dalam penelitian berupa bagaimana persepsi orang tua terhadap pembelajaran daring selama covid-19. Dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif, peneliti menyebarkan kwesioner kepada 30 orang tua siswa sekolah dasar di desa Kerangkulon Wnonosalam Demak. Penelitian ini merupakan penelitian yang masih berlangsung. Hasil kwesioner yang didapatkan nanti akan diolah dan di analisa untuk kemudian diperoleh hasil akhir penelitian. Di akhir penelitian , peneliti berharap akan menemukan persepsi orang tua yang sebenarnya terhadap pembelajaran daring tersebut. Apapun hasilnya, peneliti berharap untuk dapat dijadikan catatan oleh berbagai kalangan baik bagi orang tua, penyelenggara pendidikan maupun masyarakat lainnya atas keberlangsungan pendidikan yang merupakan embanan bersama.
References
Elyas, A. H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Warta, 56(04), 1–11.
Mubarok, A. A., Arthur, R., & Handoyo, S. S. (2018). Pengembangan Pembelajaran E - Learning Mata Kuliah PTM/Jalan Raya Pendidikan Vokasional Konstruksi Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 7(2), 35–42. https://doi.org/10.21009/pensil.7.2.5
Ni’mah, F. I. (2016). Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh (Distance Learning) Pada Homeschooling “Sekolah Dolan.” Manajemen Pendidikan, 25(1), 112–119. http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/04/faiqotul.pdf
Pardede, T. (2011). Pemanfaatan e-learning sebagai media pembelajaran pada pendidikan tinggi jarak jauh. Seminar Nasional FMIPA UT 2011, 1, 55–60.
Rizqullah, R. (2020). Artikel Riview Tentang E-Larning dan Pembelajaran Jarak Jauh Saat Masa Pandemi. Journal Education, 2(April).
Yuliana. (2020). Corona virus diseases (Covid -19); Sebuah tinjauan literatur. Wellness and Healthy Magazine, 2(1), 187–192. https://wellness.journalpress.id/wellness/article/view/v1i218wh