PERSEPSI ORANG TUA MENGENAI PEMBELAJARAN ONLINE DI RUMAH SELAMA PANDEMI COVID-19

  • Siti Zakiyatul Lutfiah Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Abstract

Masa pandemi covid-19 membawa dampak yang sangat signifikan pada dunia pendidikan. Pembelajaran daring di berbagai tempat pun mengambil langkah tersebut. Pada kenyataannya tidak serta merta berbagai kalangan terkhusus pihak orang tua sepakat dengan hal itu. Orang tua selaku kolega dalam dunia pendidikan sangat dikejutkan dengan adanya pembelajaran daring. Bagi sebagian masyarakat pedesaan, hal itu bukan bukan hanya mengejutkan namun sangat merepotkan. Dengan latar belakang itulah peneliti kemudian ingin mengetahui lebih dalam mengenai persepsi orang tua yang tinggal di pedesaan terkait penyelenggaraan pembelajaran daring tersebut. Peneliti merumuskan pertanyaan dalam penelitian berupa bagaimana persepsi orang tua terhadap pembelajaran daring selama covid-19. Dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif, peneliti menyebarkan kwesioner kepada 30 orang tua siswa sekolah dasar di desa Kerangkulon Wnonosalam Demak. Penelitian ini merupakan penelitian yang masih berlangsung. Hasil kwesioner yang didapatkan nanti akan diolah dan di analisa untuk kemudian diperoleh hasil akhir penelitian. Di akhir penelitian , peneliti berharap akan menemukan persepsi orang tua yang sebenarnya terhadap pembelajaran daring tersebut. Apapun hasilnya, peneliti berharap untuk dapat dijadikan catatan oleh berbagai kalangan baik bagi orang tua, penyelenggara pendidikan maupun masyarakat lainnya atas keberlangsungan pendidikan yang merupakan embanan bersama.


 

References

Agus Purwanto*, Rudy Pramono, Masduki Asbari, Priyono Budi Santoso, Laksmi Mayesti Wijayanti, Choi Chi Hyun, R. S. P. (2017). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. 2(1), 165–170.

Elyas, A. H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Warta, 56(04), 1–11.

Mubarok, A. A., Arthur, R., & Handoyo, S. S. (2018). Pengembangan Pembelajaran E - Learning Mata Kuliah PTM/Jalan Raya Pendidikan Vokasional Konstruksi Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 7(2), 35–42. https://doi.org/10.21009/pensil.7.2.5

Ni’mah, F. I. (2016). Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh (Distance Learning) Pada Homeschooling “Sekolah Dolan.” Manajemen Pendidikan, 25(1), 112–119. http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/04/faiqotul.pdf

Pardede, T. (2011). Pemanfaatan e-learning sebagai media pembelajaran pada pendidikan tinggi jarak jauh. Seminar Nasional FMIPA UT 2011, 1, 55–60.

Rizqullah, R. (2020). Artikel Riview Tentang E-Larning dan Pembelajaran Jarak Jauh Saat Masa Pandemi. Journal Education, 2(April).

Yuliana. (2020). Corona virus diseases (Covid -19); Sebuah tinjauan literatur. Wellness and Healthy Magazine, 2(1), 187–192. https://wellness.journalpress.id/wellness/article/view/v1i218wh
Published
2020-08-06
How to Cite
LUTFIAH, Siti Zakiyatul. PERSEPSI ORANG TUA MENGENAI PEMBELAJARAN ONLINE DI RUMAH SELAMA PANDEMI COVID-19. Idealektik, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 69-73, aug. 2020. ISSN 2655-8491. Available at: <https://journal.umbjm.ac.id/index.php/idealektik/article/view/554>. Date accessed: 18 apr. 2024.
Section
Articles