DEIKSIS SEBAGAI BAHAN PENGAJARAN DALAM CERPEN “PAK KAYAL DAN BUKU BARUNYA” PADA BUKU TERAMPIL BERBAHASA INDONESIA 3 KELAS XII SMA (TINJAUAN PRAGMATIK)

  • anida anida UMB

Abstract

Cerpen merupakan salah satu media pendidikan karakter melalui interpretasi karya sastra. Pendekatan yang dilakukan bisa dengan mengidentifikasi unsur intrinsik atau pendekatan pragmatik.  Pemahaman siswa terhadap deiksis, dapat membantu dalam memahami makna yang terdapat dalam sebuah cerpen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu siswa dan guru mampu memahami adanya penggunaan deiksis serta memahami makna yang terdapat dalam cerpen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini bisa mencakup sikap, perilaku, disiplin, kepercayaan, dan tanggapan konsumen/pembaca. Biasanya penelitian ini menyoroti aspek konstektual dan emosional tanggapan manusia. Sumber data adalah cerpen yang berjudul Pak Kayal dan Buku Barunya. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan studi literature dan kepustakaan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat 25 jenis deiksis persona pada Cerpen Pak Kayal dan Buku Barunya, yang terdiri dari deiksis orang pertama, kedua, dan ketiga, terdapat 8 deiksis tempat dan terdapat 6 deiksis waktu.

References

Santoso, Dkk. 2009. Terampil Berbahasa Indonesia 3 Program IPA Dan IPS . Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen pendidikan nasional.

Suhartono & Yuniseffendri. 2014. Pragmatik. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Yule, George. 2014. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, H. G. 2015. Penagajaran Pragmatik. BANDUNG: CV Angkasa.

Djadjasudama, F. 2017. Wacana dan Pragmatik. Bandung: PT Refika Aditama.

Putrayasa, I.P. 2014. Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Gawen, A.B. 2017. Pembelajaran Pragmatik. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Nadar, F.X. 2013. Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Putrayasa, I.P. 2014. Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Darsita. 2015. “Dieksis” Dalam Kumpulan Cerpen Al-Kuubus Tinjauan Sosiopragmatik. D Suparno. Al-turas Volume XXI, Nomor 2. Tersedia: Journal.uinjkt.ac.id. Diakses tanggal 10 November 2019.

Sunarwan, dkk. 2014. Analisis Deiksis Dalam Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Karanganyar. E Sunarwan. BASASTRA Jurnal penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan pengajarannya Volume 2 nomor 3. Tersedia: http://media.neliti.com. Diakses tanggal 12 November 2019.

Rahmawati. 2013. Analisis Deiksis Sosial Pada Cerpen Karya Siswa Kelas X TKJ 2 SMK Penerbangan Angkasalanud Iswahyudi. D Rahmawati. Eprints.ums.ac.id. 12 November 2019.

Chang, William. 2014. Metodologi Penulisan Esai, Skripsi, Tesis, dan Disertai Untuk Mahasiswa. Penerbit Erlangga.

Kountur, Ronny. 2007. Metode Penelitian Untuk Penulisan Skipsi dan Tesis. Jakarta: PPM.

Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan Volume 1, Nomor 1.
Published
2020-08-06
How to Cite
ANIDA, anida. DEIKSIS SEBAGAI BAHAN PENGAJARAN DALAM CERPEN “PAK KAYAL DAN BUKU BARUNYA” PADA BUKU TERAMPIL BERBAHASA INDONESIA 3 KELAS XII SMA (TINJAUAN PRAGMATIK). Idealektik, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 74-79, aug. 2020. Available at: <https://journal.umbjm.ac.id/index.php/idealektik/article/view/555>. Date accessed: 19 sep. 2020.
Section
Articles