DEIKSIS PERSONA DALAM CERITA FANTASI "RUANG DIMENSI ALPHA” KARYA RATNA JUWITA PADA BUKU SISWA KELAS VII SMP DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

  • uswatun Hasanah UMB

Abstract

 


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan bentuk deiksis yang terdapat dalam cerita fantasi yang berjudul "Ruang Dimensi Alpha” karya Ratna Juwita pada Buku Siswa kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data bersumber dari buku paket siswa kelas VII SMP. Teknik analisis data, data diolah dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) Membaca cerita fantasi “Ruang Dimensi Alpha” 2) Menyeleksi kalimat yang menggunakan deiksis persona (orang) lalu mengambil sampel kata; 3) Mengklasifikasikan jenis dan bentuk deiksis persona (orang); 4) Data dijabarkan secara deskriptif; 5) Menarik kesimpulan. Berdasarkan penjabaran hasil analisis tentang penggunaan deiksis persona (orang) dalam cerita fantasi “Ruang Dimensi Alpha” karya Ratna Juwita pada Buku Siswa Kelas VII, diperoleh simpulan yaitu terdapat 3 jenis deiksis persona (orang) yang digunakan dalam cerita tersebut, yaitu deiksis persona (orang) pertama (tunggal dan jamak), deiksis persona (orang) kedua tunggal, dan deiksis persona (orang) ketiga tunggal. Semua jenis tersebut terdiri dari 11 bentuk penggunaan deiksis, yaitu ‘aku’, ‘-ku’, ‘ku-‘, ‘kita’, ‘kamu’, ‘kau’, ‘-mu’, 'ia', 'dia', 'itu', dan '-nya'. Deiksis persona (orang) ketiga tunggal dalam bentuk ‘–nya’ sering digunakan dalam setiap cerita. Pemanfaatan deiksis persona (orang) dari cerita fantasi yang berjudul “Ruang Dimensi Alpha” karya Ratna Juwita pada Buku Siswa kelas VII SMP sebagai bahan ajar pembelajaran bahasa Indonesia yaitu mengenai keterampilan berbahasa, sastra, dan linguistik dengan mengacu pada silabus kurikulum 2013.

References

Adane, Dereje. (2014). Social Deixis in Hadiyya. Jurnal Arba Minch University, Arba Minch, Ethiopia, Vol.2, No. 5, pp.301-304.

Dewanti, Eka Gita. (2014). Deiksis dalam Novel Dilarang Maling karya Salman Rasdie Anwar. Jurnal. Universitas Negeri Gorontalo.

Harsiati, dkk. (2017). BAHASA INDONESIA: Buku Siswa kelas VII SMP. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Putrayasa, Ida Bagus. (2014). Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rahayu, Mustika Rahma. (2018). Deiksis dalam Novel Ayah karya Andrea Hirata serta Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah.

Sera, Dessa Chintia. (2014). Deiksis Waktu dalam Drama Cleopatra Na Onnatachi karya Oishi Shizuka. Skripsi. Malang: Universitas Brawijaya.

Sunarwan, Erdi. (2013). Analisis Deiksis dalam Karangan Cerpen Siswa kelas X SMAN 1 Karanganyar. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Tologana, Walset. (2016). Deiksis dalam Novel “Assalamualaikum Beijing”, Karya Asma Nadia, Suatu Kajian Pragmatik. Skripsi: FKIP-Universitas Samratulangi, Manado. Tersedia: http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jefs/article/viewFile/14705/14273 Diakses tanggal 2 Juni 2020.

Yule, George. (2014). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Published
2020-08-06
How to Cite
HASANAH, uswatun. DEIKSIS PERSONA DALAM CERITA FANTASI "RUANG DIMENSI ALPHA” KARYA RATNA JUWITA PADA BUKU SISWA KELAS VII SMP DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Idealektik, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 80-84, aug. 2020. Available at: <https://journal.umbjm.ac.id/index.php/idealektik/article/view/556>. Date accessed: 20 sep. 2020.
Section
Articles