KECAKAPAN BEHAVIORAL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI KOMUNIKASI ANTARPRIBADI

Bahasa Indonesia

  • Lovia Evanne

Abstract

Penelitian kecakapan behavioral pembelajaran Bahasa Indonesia melalui komunikasi antarpribadi mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Sumatra Selatan membuat gambaran yang sistematis dan memfokuskan pada kecakapan behavioral yang artinya kecakapan pada tingkat perilaku seseorang untuk mencapai tujuan dalam berkomunikasi dengan orang lain. Kecakapan behavioral ini meliputi: 1) Keterlibatan interaktif, kecakapan ini menentukan tingkat keikutsertaan dan partisipasi seseorang dalam komunikasi yang meliputi sikap tanggap, sikap perseptif dan sikap penuh perhatian. 2) Manajemen interaksi, kecakapan ini membantu seseorang mengambil tindakan-tindakan yang berguna bagi dirinya untuk mencapai tujuan komunikasi. 3) Keluwesan perilaku, kecakapan ini membantu seseorang untuk melaksanakan berbagai kemungkinan perilaku yang dapat diambil untuk mencapai tujuan komunikasi. 4) Mendengarkan, kecakapan ini membantu seseorang untuk dapat mendengarkan orang yang berkomunikasi dengan tidak hanya isi, tetapi juga perasaan, keprihatinan, dan kekhawatiran yang menyertainya. 5) Gaya sosial, kecakapan ini membantu seseorang dapat berperilaku menarik, khas, dan dapat diterima oleh orang yang berkomunikasi. 6) Kecemasan komunikasi, kecakapan ini dapat mengatasi rasa takut, bingung, kacau pikiran, tubuh gemetar, dan demam panggung yang muncul dalam berkomunikasi dengan orang lain.

References

Abdillah. 2020. Komunikasi Pembelajaran. Yogyakarta: Nuha Litera
AM. Sardiman, 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik. Jakarta: Reneka Cipta.
Hanafi, Abdillah. 2008. Komunikasi Antar Manusia. Surabaya: Usaha Nasional
Latifah, Ngalimun, Muhammad Andi Setiawan, dan Makmur Haji Harun. 2020. Kecakapan Behavioral Dalam Proses Pembelajaran PAI Melalui Komunikasi Interpersonal. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 5(2), 36-42. https://doi.org/10.33084/bitnet.v5i2.1747
Lunandi, 1995. Komunikasi Mengena: Meningkatkan Efektivitas Komunikasi Antar Pribadi. Yogyakarta: Kanisius.
Mulyana, Deddy, 2008. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ngalimun, 2016. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa dalam Menceritakan Kegemaran Melalui Teknik Percakapan. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. E-ISSN: 2597-937X. Vol 6. No 1. 2016
Picauly, Victry Erlitha. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berdasarkan Teori Psikologi Belajar Behavioristik. JPIS: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. E-ISSN: 2540-7694. Vol. 22 No. 1. Indexed S-3.
Samana, 1999. Profesionalisme Ketenaga Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius
Slavin, E Robert. 2008. Learning Teori Riset Dan Praktik. Terjemahan Lita Nusa Media
Sokip. 2019. Kontribusi Teori Behavioristik Dalam Pembelajaran. Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam (e-ISSN: 2549-2926. Vol 7. No 1. Indexed S-4).
Supriadie, Didi. 2012. Komunikasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003. Tentang Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara
Wood, Julia T. 2010. Interpersonal Communication: Everyday Encounter. Australia: Wadsworth.
Published
2021-06-09
How to Cite
EVANNE, Lovia. KECAKAPAN BEHAVIORAL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI KOMUNIKASI ANTARPRIBADI. Idealektik, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 105-110, june 2021. ISSN 2655-8491. Available at: <https://journal.umbjm.ac.id/index.php/idealektik/article/view/757>. Date accessed: 29 sep. 2021.