HASIL BELAJAR SISWA DARI KELUARGA BROKEN HOME DAN KELUARGA HARMONIS DI MI SITI MARIAM BANJARMASIN

  • Faridah Faridah Sekolah Dasar Islam Terpadu Hunafa Banjarmasin
  • Muhammad Ridha UM Banjarmasin

Abstract

Hasil Belajar Siswa dari Keluarga Broken Home dan Keluarga Harmonis di MI Siti Mariam Banjarmasin. Masalah dalam penelitian ini adalah mengidentifikasi hasi belajar siswa dari keluarga harmonis dengan broken home. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dari keluarga Broken Home di MI Siti Mariam Banjarmasin, 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dari keluarga harmonis di MI Siti Mariam Banjarmasin, dan 3) Untuk mengetahui faktor penunjang dan penghambat keberhasilan siswa di MI Siti Mariam Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang penelitiannya dilakukan secara intensif terinci dan mendalam terhadap suatu organisasi, lembaga atau gejala tertentu. Penelitian lapangan yaitu penelitian yang dilakukan dengan terjun langsung kelapangan untuk menggali, menghimpun data dan mengumpulkan data yang diperlukan mengenai hasil belajar siswa dari keluarga broken home dan keluarga harmonis di MI Siti Mariam Banjarmasin. Pada proses penelitian hasil belajar siswa dari keluarga broken home dan keluarga harmonis di MI Siti Mariam Banjarmasin ini banyak macam dan variasi permasalahan yang terjadi dalam keluarga siswa. Hasil belajarnya pun bervariasi juga pada keluarga broken home. Tidak semua hasil belajarnya kurang bagus. Ada siswa yang mampu membuktikan bahwa dalam keterbatasan dalam struktur keluarganya yang broken home, ia mampu memperoleh hasil yang sangat bagus, dan juga sebaliknya tidak semua siswa yang berasal dari keluarga harmonis mendapatkan hasil belajar yang bagus.

References

Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi, 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Buseri, Kamrani, 1990. Pendidikan Keluarga dalam Islam, Yogyakarta: Bina Usaha.
Basri, Hasan, 1996. Merawat Cinta Kasih, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI, 2006. Undang-Undang dan Peraturaturan Pemerintah RI Tentang Pendidikan, Jakarta: t.p/npb.,
Edwads, C. Drew. 2006. Ketika Anak Sulit Diatur, Bandung: Mizan Media Utama.
Fuad Muhammad Bin Abdul Baqi. 2017. Hadits Shahih Bukhari Muslim, Depok: Fathan Prima Media.
Goode William J. 2011. Sosiologi Keluarga, Jakarta: Bumi Aksara.
Hajar Al Asqalani, Ibnu , Fathul Baari. 2009. Kitab Al-Ahkam, Jakarta: Pustaka Azam.
Hafidhudin, Didin. 2002. Membentuk Pribadi Qur’ani di Bawah Bimbingan Syari’ah, Jakarta: Harakah
Published
2022-08-22
How to Cite
FARIDAH, Faridah; RIDHA, Muhammad. HASIL BELAJAR SISWA DARI KELUARGA BROKEN HOME DAN KELUARGA HARMONIS DI MI SITI MARIAM BANJARMASIN. Idealektik, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 18-21, aug. 2022. ISSN 2655-8491. Available at: <https://journal.umbjm.ac.id/index.php/idealektik/article/view/961>. Date accessed: 07 feb. 2023.