PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA DALAM FILM “SINGLE 2015 ” KARYA RADITYA DIKA

  • Nurhidayah Nurhidayah Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Muhammad Yunus Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Akhmad Syakir Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Abstract

Penelitian ini membahas pelanggaran prinsip kerja dalam film Single 2015 karya Raditya Dika. Objek penelitian ini adalah Pelanggaran Prinsip Kerja dalam film Single 2015 karya Raditya Dika. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi (pengamatan dan pencatatan), dokumentasi (mencari dan mengumpulkan data tentang hal-hal yang terkait seperti catatan, buku, surat kabar, majalah, dan sebagainya) dan studi kepustakaan (melakukan studi yang berkaitan dengan teori-teori yang terkait). ). dengan topik penelitian). Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif


Hasil penelitian menemukan bahwa dalam film Single terdapat empat pelanggaran maksim, pertama pelanggaran maksim kuantitas ada empat belas pelanggaran, kedua maksim kualitas ada enam pelanggaran, ketiga maksim relevansi memiliki pelanggaran sebanyak tiga kali dan maksim pelaksanaan terakhir sebanyak lima pelanggaran. Sehingga pelanggaran yang sering ditemui dalam film Single ini adalah pelanggaran terhadap maksim kuantitas dengan memberikan ucapan atau informasi yang berlebihan atau informasi yang tidak dibutuhkan oleh penutur.

References

Rahardi,kunjana.2019. Sosiopragmatik. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Yule, George.2014. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Cummings, Louise, 2007. Pragmatik Sebuah Perspektif Multidisipliner. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suhartono dan Yunieseffendri. 2014. Pragmatik. Banten: Universitas Terbuka Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Rahardi, Kunjana. Pragmatik Kesatuan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sartono, Sri. 2015. Tenik Penyajian dan Produksi Program Radio,Televisi,dan Film Jilid 2. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah menegah kejuaruan. Di akses pada tanggal 25 Desember 2021.
file:///C:/Users/BISMILLAH/Downloads/teknik%20penyiaran%20dan%20produksi%20program%20radio,%20televisi%20dan%20film%20jilid%202%20(%20PDFDrive%20).pdf
Otavianus, Handi. 2015. Penerimaan penonton Terhadap Praktek Eksorsis di dalam Film Conjuring. Jurnal E Komunikasi, Vol 3 (No 2). Di akses pada tanggal 20 Desember 2021. file:///C:/Users/BISMILLAH/Downloads/4942-9421-1-SM.pdf
Ayun, Primanda Qurrata. 2015.Sensualitas Tubuh Perempuan dalam Film-Film Horor di Indonesia (Kajian Ekonomi Politik media). Jurnal Simbolika, Vol 1 ( No 1 ). Di akses pada tanggal 25 Desember 2021. file:///C:/Users/BISMILLAH/Downloads/46-72-2-PB.pdf
Chaniago, Rizky Hafiz. 2017. Analisis Perkembangan Film Komedi Indonesia. Journal of Communication (Nyimak), Vol. 1, No. 2. Di akses pada tanggal 20 Desember 2021. file:///C:/Users/BISMILLAH/Downloads/482-2427-1-PB.pdf
Hartono, Lisa Amelia Anggelina.2015. Teknik Humor Dalam Film DKI. Jurnal E Komunikasi, Vol 3 ( No 1 0). Di akses pada tanggal 20 Desember 2021.
Published
2022-09-15
How to Cite
NURHIDAYAH, Nurhidayah; YUNUS, Muhammad; SYAKIR, Akhmad. PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA DALAM FILM “SINGLE 2015 ” KARYA RADITYA DIKA. Idealektik, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 39-59, sep. 2022. ISSN 2655-8491. Available at: <https://journal.umbjm.ac.id/index.php/idealektik/article/view/981>. Date accessed: 07 feb. 2023.