TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK “X" BANJARMASIN

  • Siti Fadhilah Program Studi D3 Farmasi, Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Herda Ariyani Program Studi D3 Farmasi, Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Faisal Rahman Program Studi D3 Farmasi, Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Abstract

Pelayanan kefarmasian yang baik tentunya berorientasi langsung kepada konsumen sehingga menjamin keamanan, efektifitas dan kerasionalan penggunaan obat. Penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek “X” Banjarmasin. Metode penelitian ini bersifat deskriptif rancangan penelitian deskriptif dengan pengambilan sampel secara accidental sampling. Pengambilan data dilakukan secara langsung melalui wawancara menggunakan kuesioner kepada 100 orang konsumen. Analisis pelanggan dilakukan dengan lima dimensi kualitas layanan. Penelitian menunjukkan bahwa pada semua dimensi kualitas pelayanan baik tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty dalam kategori kurang puas. Yakni berturut turut persentase skor rata-rata sebanyak 54,2; 47,9; 44;9 54,8; 49.8.

References

Handayani, Sasanti, Rini, Raharni, dan Retno Gitawati. 2009. Persepsi Konsumen Apotek Terhadap Pelayanan Apotek di Tiga Kota di Indonesia. Makara, Kesehatan, Vol.13, No.1
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek: Jakarta
Mas’ud. 2009. Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Apotek Kimia Farma Jakarta Menngunakan Model Servqual (Studi Kasus Pada Tiga Apotek). Majalah Ilmu Kefarmasian, Vol.VI, No.2: Jakarta
Novaryatiin, Susi, Syahrida Dian Ardhany, dan Siti Aliyah. 2018. Jurnal: Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di RSUD Murjani Sampit. Palangka Raya Vol.1: Palangkaraya
Pohan. 2013. Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan Dasar-dasar Pengertian dan Penerapan. Pustaka Merdeka: Jakarta.
Puspita dan Elmiawati, 2017. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan
Obat di Apotek Wilayah Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Magelang: Magelang
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif R & D. Alfabeta: Jakarta.
Tjiptono, Fandi dan Chandra Gregourius. 2014. Service, Quality and Satisfactions. Andi: Yogyakarta
Yaqin Ainul Achmad. 2017. Evaluasi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi RSUD dr. R. Koesma Kabupaten Tuban. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang: Malang
Published
2019-10-14
How to Cite
FADHILAH, Siti; ARIYANI, Herda; RAHMAN, Faisal. TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK “X" BANJARMASIN. JCPS (Journal of Current Pharmaceutical Sciences), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 212-218, oct. 2019. ISSN 2598-2095. Available at: <https://journal.umbjm.ac.id/index.php/jcps/article/view/396>. Date accessed: 26 nov. 2020.