FLOW AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG AKTIF BERORGANISASI DAN BEKERJA

  • Marina Mayangsari
  • Senda Dewi Pratiwi

Abstract

Konflik peran ganda pada mahasiswa yang aktif berorganisasi sekaligus bekerja umumnya dapat menjadi sumber stres dan menurunnya produktivitas kuliah. Modal penting agar terhindar dari hal tersebut adalah memiliki konsentrasi, merasa nyaman, dan termotivasi pada saat menjalani perkuliahan, kondisi seperti ini disebut sebagai flow. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran flow akademik pada mahasiswa yang aktif berorganisasi dan bekerja. Subjek penelitian adalah 2 orang mahasiswa yang aktif berorganisasi sekaligus bekerja paruh waktu. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kedua subjek memenuhi dimensi flow yang menandakan bahwa kedua subjek tetap merasakan flow walaupun berada dalam tuntutan aktivitas yang tinggi antara kuliah, berorganisasi, dan bekerja. Faktor intrinsik yang mempengaruhi subjek tetap flow adalah karena keingintahuan dan kemauan memperoleh pengetahan, sedangkan faktor ekstrinsik berupa dukungan sosial teman dan keluarga.

References

, Karina Yasinta., Listiara, Anita., & Ariati, Jati. (2013). Kuliah Versus Organisasi Studi Kasus Mengenai Strategi Belajar Pada Mahasiswa Yang Aktif Dalam Organisasi Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Diponegoro. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro. Volume 12 Nomer 2.
Csikszentmihalyi, Mihaly. (1990). Flow: The Psychology of Optimal Experience. USA: HarperCollins Publishers.
Husna & Dewi. (2014). Hubungan Social Suppport dengan Flow pada Mahasiswa Fakultas Psikologi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Islam Bandung, 574-579.

Ignatissus, Robin. (2013). Go With the Flow: Dukungan Sosial dan Flow Akademik Pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol. 2 No. 1.
Lenaghan, J.A. Sengupta, K. (2007), “Role Conflict, Role Balance and Affect: A Model of Well-being of the Working Student”, Institute of Behavioral and Applied Management, p. 88-109.
Mardelina, Elma., & Muhson, Ali. (2017). Mahasiswa Bekerja dan Dampaknya Pada Aktivitas Belajar dan Prestasi Akademik. Jurnal Economia. Volume 13, Nomor 2.
Santoso, E. (2013). Hubungan Motivasi Belajar dan Dukungan Keluarga dengan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas X di SMK Negeri 5 Surakarta. Tesis. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Setiadi. (2013). Konsep dan Praktik Penulisan Riset Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Shernoff, dkk. 2003. Student Engagement in High School Classroom from the Perspective of Flow Theory. School Psychology Quarterly, Vol. 18 No. 2, pp. 158-176.
Smolej, B., & Avsec, A. (2007). The Experience of Flow and Subjective Well-Being of Music Students. Horizons of psychology,16, 2, 5-17.
Published
2019-11-29
How to Cite
MAYANGSARI, Marina; PRATIWI, Senda Dewi. FLOW AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG AKTIF BERORGANISASI DAN BEKERJA. Psycho Holistic, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 47 - 52, nov. 2019. Available at: <https://journal.umbjm.ac.id/index.php/psychoholistic/article/view/444>. Date accessed: 23 feb. 2020.
Section
Articles