PERSEPSI PENILAIAN KINERJA PADA PEGAWAI BANK KAL-SEL KCP KANTOR GUBERNUR BANJARBARU DENGAN MASA KERJA DIATAS 10 TAHUN

  • Muhammad Syarif Hidayatullah
  • Rahmadilla Nuratikah

Abstract

Penelitian ini ingin mengetahui persepsi penilaian kinerja pada pegawai Bank Kalsel KCP Kantor Gubernur Banjarbaru. Mengingat pentingnya penilaian kinerja bagi pegawai dan perusahaan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara semi terstruktur dan observasi non-partisipan. Subjek penelitian berjumlah tiga orang dengan masa kerja diatas 10 tahun. Berdasarkan persyaratan penilaian kinerja yang efektif menurut dan merupakan dimensi dalam persepsi penilaian kinerja pada pegawai yaitu persyaratan ilmiah (legal/formal)  yaitu  relevansi,  sensitivitas,  dan reliabilitas. Temuan penelitian menunjukan persepsi pegawai dalam persyaratan sensitivitas penilaian kinerja belum  dapat  dikatakan  objektif.  Sedangkan  persyaratan  operasional  yaitu  akseptabilitas  dan  praktis, perlunya perbaikan prosedur penilaian kinerja kearah yang lebih baik dan memudahkan penggunaannya

References

Bimo, W. (2004). Pengantar Psikologi Umum.Yogyakarta: Andi Offset.
Kusuma Chandra Kirana, D., & Ratnasari, R. T. (2017). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia (SDM). Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Nawawi, Hadari. (2006). Evaluasi dan manajemen kinerja di lingkungan perusahaan dan industri. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Rivai. (2013). Manajemen Sumber daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Robbins, S. (2008). Perilaku Organisasi. Jakarta:Edisi 12 Salemba Empat
Sinambela, Lijan Poltak, dkk. (2012). Kinerja Pegawai Teori Pengukuran dan Implikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu
Published
2019-11-29
How to Cite
HIDAYATULLAH, Muhammad Syarif; NURATIKAH, Rahmadilla. PERSEPSI PENILAIAN KINERJA PADA PEGAWAI BANK KAL-SEL KCP KANTOR GUBERNUR BANJARBARU DENGAN MASA KERJA DIATAS 10 TAHUN. Psycho Holistic, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 53 - 60, nov. 2019. Available at: <https://journal.umbjm.ac.id/index.php/psychoholistic/article/view/446>. Date accessed: 25 sep. 2020.
Section
Articles