STUDI KASUS KECELAKAAN KERJA PADA OPERATOR TAMBANG BATU BARA PT X DI KALIMANTAN SELATAN

  • Fikrie Fikrie Muhammadiyah University Of Banjarmasin
  • Lita Ariani
  • Eka Jannatuna'im

Abstract

Kalimantan Selatan dikenal sebagai salah satu daerah dengan sektor pertambangan batu bara yang ada di Indonesia. PT X merupakan salah satu perusahaan batu bara terbesar yang ada di Kalimantan Selatan. Dalam setiap aktivitas industri pertambangan terdapat potensi bahaya yang dapat menimbulkan terjadinya kecelakaan kerja yang berdampak pada keselamatan pekerja, maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang kecelakaan kerja pada operator tambang di PT X. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian sebanyak 9 orang terdiri dari 3 subjek operator hauling, 3 group leader, dan 3 supervisor PT. X. Berdasarkan hasil yang telah dilakukan diketahui terjadinya kecelakaan kerja karena adanya faktor lingkungan, salah satunya karena minimnya penerangan di jalur lalu lintas dan faktor manusia, dimana area tambang berdekatan dengan area pemukiman warga dan waktu bekerja karyawan yang mempengaruhi kondisi psikologis. Dapat disimpulkan bahwa faktor manusia dan lingkungan merupakan salah satu indikator terjadinya kecelakaan kerja di tambang batu bara PT X. Oleh karena itu, perlu dilakukan perbaikan sistem lingkungan dan perilaku manusia.

References

Suma’mur, P. (2009). Higiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja. Jakarta: PT. Toko Gunung Agung.
Tjakra, B. A., Langi, J. E., & Walangitan, D. R. (2013). Manajemen Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Proyek Pembangunan Ruko Orlens Fashion Manado. Jurnal Sipil Statik, 1(4): 282-288.
Winarto, S., Denny, H. M., & Kurniawan, B. (2016). Studi Kasus Kecelakaan Kerja pada Pekerja Pengeboran Migas Seismic Survey PT. X di Papua Barat. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, 11(1): 51-65.
Yuliawati, E., & Putri, S. (2011). Analisis Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Proses Produksi PT. Abadi Adimulia. Surabaya: Jurusan Teknik Industri - Institut Teknologi Adhi Tama.
Published
2019-11-29
How to Cite
FIKRIE, Fikrie; ARIANI, Lita; JANNATUNA'IM, Eka. STUDI KASUS KECELAKAAN KERJA PADA OPERATOR TAMBANG BATU BARA PT X DI KALIMANTAN SELATAN. Psycho Holistic, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 101 - 107, nov. 2019. Available at: <https://journal.umbjm.ac.id/index.php/psychoholistic/article/view/451>. Date accessed: 23 feb. 2020.
Section
Articles