Peranan Perilaku Konsumen Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Menggunakan E-Marketplace Pada Generasi Milenial

  • Aulia Rahman UMB
  • Lita Ariani Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Ceria Hermina Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi, kemajuan cara berbelanja melalui E-Marketplace  juga semakin berkembang ditengah persaingan dengan berbelanja secara konvensional. Kebanyakan konsumen berasal dari generasi milenial yang memutuskan untuk berbelanja menggunakan E-Marketplace. Pengambilan keputusan ini merupakan manifestasi dari sebuah perilaku yang dilakukan konsumen sebelum melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peranan perilaku konsumen terhadap pengambilan keputusan pembelian menggunakan e-marketplace pada generasi milenial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku konsumen memiliki peranan signifikan dan arah yang positif  terhadap pengambilan keputusan pembelian menggunakan e-marketplace pada generasi milenial. Hasil uji koefisien korelasi menunjukkan tingkat peranan perilaku konsumen tarhadap pengambilan keputusan pembelian sebesar 0,848. Besaran peranan perilaku konsumen terhadap pengambilan keputusan dilihat dari hasil koefisien determinasi sebesar 72%.


Kata Kunci: Perilaku Konsumen, E-Marketplace, Pengambilan Keputusan Pembelian.

References

Alwisol. (2016). Psikologi Kepribadian. Malang : UMM Perss.
Ardi, H. A. (2016). Hubungan Sikap Konsumen Dengan Maksud Pembelian Air Minum Isi Ulang. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 5, 107-112.
Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Budiati, I., Susianto, Y., Adi P, W. P., Ayuni, S., Reagan, H. A., Larasaty, P., . . . Saputri, V. G. (2018). Profil Generasi Milenial Indonesia. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
Fauzie, D., Yulianto, E., & Sunarti. (2016). Pengaruh Faktor Psikologis Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen KFC Cabang Mall Olympic Garden Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 40, 1-7.
Firmansyah, M. A., Novidiantoko, D., & Fadilah , E. R. (2018). Perilaku Konsumen Sikap dan Pemasaran. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Gerung, C. J., Sepang, J., & Loindong, S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan X-Trail Pada PT. Wahana Wirawan Manado. EMBA, 5, 2221-2229.
Jayani, D. H. (2019, 10 22). 10 E-Commerce dengan Pengunjung Terbesar Kuartal III-2019. Retrieved from databoks.katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/10/22/inilah-10-e-commerce-dengan-pengunjung-terbesar
Khairani, M. (2014). Psikologi Industri dan Wirausaha. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Mawey, H. E. (2013). Motivasi, Persepsi, dan Sikap Konsumen Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Produk PT. Rajawali Nusindo Cabang Manado. EMBA, 1, 791-801.
Nofri, O., & Hafifah, A. (2018). Analisis Perilaku Konsumen dalam Melakukan Online Shopping Di Kota Makassar. Jurnal Manajemen, Ide, Inspirasi, 5, 113-132.
Osman, S., Fah, B. C., & Foon , Y. S. (2011). Simulation of Sales Promotions towards Buying Behavior among University Students. International Journal of Marketing Studies, 3, 78-88.
Praharjo, A. (2019). Perilaku Pembelian Secara Online Generasi Milenial Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis Media Ekonomi, 19, 222-230.
Rafiz, F. M., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2016). Analisi Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Daihatsu (Studi Pada Konsumen Kendaraan Daihatsu Di PT. Jolo Abadi Authorized Daihatsu Dealer Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 39, 105-111.
Saputri, M. E. (2016). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Online Produk Fashion Pada Zalora Indonesia. Jurnal Sosioteknologi, 15, 291-297.
Setiadi, N. J. (2018). Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sunarto. (2018). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Xiaomi Redmi 3S. Jurnal Moneter, 5, 35-43.
Widowati, H. (2019, 4 25). Indonesia Jadi Negara dengan Pertumbuhan E-Commerce Tercepat di Dunia. Retrieved from databoks.katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/04/25/indonesia-jadi-negara-dengan-pertumbuhan-e-commerce-tercepat-di-dunia
Wijaya, D. N., Sunarti, & Pangestuti, E. (2018). Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Tehadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Starbucks, Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 55, 75-83.
Yustiani, R., & Yunanto, R. (2017). Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis Era Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, 6, 43-48.
Published
2020-11-23
How to Cite
RAHMAN, Aulia; ARIANI, Lita; HERMINA, Ceria. Peranan Perilaku Konsumen Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Menggunakan E-Marketplace Pada Generasi Milenial. Psycho Holistic, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 196 - 206, nov. 2020. Available at: <https://journal.umbjm.ac.id/index.php/psychoholistic/article/view/628>. Date accessed: 29 sep. 2021.
Section
Articles