Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Self Efficacy Guru Yang Mengajar Di Sekolah Inklusi Tingkat Dasar Di Banjarmasin

  • vina istighfar pangastuti Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan self efficacy pada guru yang mengajar di sekolah inklusi di Banjarmasin. Desain penelitian kuantitatif dengan teknik korelasional, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan skala kecerdasan emosional dan skala self efficacy. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan dengan rxy = 0,819 dengan p = 0.000 (p ˂ 0.05). Sumbangan efektif kecerdasan emosional terhadap self efficacy guru sebesar 68,4%. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional guru maka akan semakin tinggi self efficacynya. Sebaliknya, semakin rendah kecerdasan emosional guru maka self efficacynya rendah pula. Jadi hipotesis dalam penelitian ini diterima.


Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Self Efficacy, Sekolah Inklusi

References

Ageng, A., & Simbolon, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Kansai Pekanbaru. JPPM, Vol. 11 No. 1.
Amin, M. (2017). Sikap Guru Kelas Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Inklusif Wilayah Kabupaten Magelang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Amka M, S. (2018). Media Pembelajaran Inklusi. Banjarmasin: Nizamia Learning Center.
Artha, N. M., & Supriyadi. (2013). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dan Self Efficacy Dalam Pemecahan Masalah Penyesuaian Diri Remaja Awal. Jurnal Psikologi Udayana, Vol 1 No 1 190-202.
Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Darmadi. (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosional Diri Dan Prestasi Terhadap Efikasi Guru Yang Dimoderasi Budaya Organisasi. Jurnal Psikologi, Vol 2 No 1 01-10.
Darmadi. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional Diri dan Prestasi Terhadap Efikasi Diri Guru yang di Moderasi Budaya Organisasi . Jurnal Psikologi, 1-13.
Dewi, H., & Mariyanti, S. (2014). Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Burnout Pada Pengajar Taman Kanak-Kanak Sekolah "X" Di Jakarta. Jurnal Psikologi, 12, 54-60.
Dita, A. P., & Muryantinah, M. M. (2014). Hubungan Tingkat Self-Efficacy Guru dengan Tingkat Burnout pada Guru Sekolah Inklusif di Surabaya. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 3, 59-68.
F, Y., & Suharnan. (2013). Konsep Diri, Kecerdasan Emosi dan Efikasi Diri. Jurnal Psikologi Indonesia, Vol.2 No.3 (208-216).
Farkhaeni, A. (2011). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Konsep Diri Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Jakarta. Skripsi, Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Fitri, Z. (2011). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Self Efficacy Belief Dalam Penyelesaian Tugas Akhir Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi, Vol. 4 (86-90).
G, D., & Myers. (2014). Psikologi Sosial Edisi 10 Buku 1. Jakarta: Salemba HUmanika.
Handayani, N. (2014). Hubungan Kecerdasan Emosi dan Efikasi Diri Dengan Kemampuan Manajemen Konflik Interfersonal Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Hendri, E., & Wiwin, H. S. (2013). Hubungan Kecerdasan Emosi dengan Penerimaan Ibu Terhadap Anak Kandung yang Mengalami Cerebral Palsy . Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan , 124-130.
J, S., H, D., & A, S. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Self Efficacy Terhadap Kinerja Guru Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 2 No. 1 Hal. 31-34.
Jelpa Periantolo, M. P. (2016). Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Khairiyah, R. M. (2014). Perbedaan Efikasi Diri Guru Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Pendidikan Inklusi Ditinjau Dari Lama Mengajar dan Latar Belakang Pendidikan Di Kecamatan Grabag. Skripsi, Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan UIN Semarang.
Khumairoh, U. (2015). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Self Efficacy Pada Mahasiswa PBB UIN Sunan Ampel Surabaya. Skrispsi, Program studi Psikologi Fakultas Psikologi Dan Kesehatan Universsitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
L, F., & Issom, A. Y. (2017). Kecerdassan Emosional Dan Teacher Efficacy Pada Sekolah Dasar Dengan Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 66-72.
Manz, C. C. (2007). Manajemen Emosi. Jogyakarta: Think Jogyakarta.
Maryati, I. (2008). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dan Keyakinan Diri (Self Efficacy) Dengan Kreativitas Pada Siswa Akselerasi. Skripsi, Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Muyasarotun, S. (2014). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dan Pengetahuan Tentang ABK Dengan Kompetensi Guru Di Sekolah Inklusif. Skripsi , Magister Sains Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Oktaviani, M. P. (2018). Tingkat Efikasi Diri Dalam Belajar Siswa SMK . Skripsi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Periantalo, J. (2015). Penyusunan Skala Psikologi: Asyik, Mudah & Bermanfaat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Prastadila, P., & Pramesti Pradna Paramita, M. (2013). Hubungan Antara Emotional Intelligence Dengan Self Efficacy Guru Yang Mengajar Di Sekolah INklusi Tingkat Dasar. Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 2, 01-11.
R, P., & Alfian. (2012). Hubungan Antara Kematangan Emosi Dengan Kecenderungan Memaafkan Pada Remaja Akhir. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, Vol 1 (2) 1-7.
R, S. (2011). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dan Efikasi Diri Akademik Pada Siswa-Siswi SMAN 2 SLEMAN. Skripsi, Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Rahman, A. A. (2016). Metode Penelitian Psikologi Langkah Cerdas Menyelesaikan Skripsi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Riyanti, S. (2011). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dan Efikasi Diri Akademik Pada Siswa-Siswi SMAN 2 SLEMAN. Skripsi, Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
S, H., Friedman, M. W., & Schustack. (2006). Kepribadian Teori Klasik dan Riset Modern Edisi Ketiga Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Salovey, P. &. (1990). Emotional Intelligence. Imagination, Cognition, and Personality, 185-211.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surtika, D. R. (2017). Pengaruh Pelatihan Efikasi Diri Sebagai Pendidik Terhadap Penurunan Burnout Pada Guru Di Sekolah Inklusi. Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran, Vol.1 No. 2.
Wibowo, E. M. (2010). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dengan Kinerja Guru. Jurnal Psikologi, Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.
Wigati, T. W. (2018). Hubungan Kecerdasan Emosional dan Kompetensi Profesional dengan Efikasi Diri Guru SMP di Kecamatan Bandar Sribhawono Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Lentera Pendidikan, Vol. 3 No. 1 Hal. 99-109.
Winda Putri, E. S. (2019). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas XI SMK X Semarang. Jurnal Empati, Vol. 8 No. 1 Hal. 253-259.
Woolfolk, A. (2009). Educational Psychology Active Learning Edition Edisi Kesepuluh Bagian Kedua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yuwono, I., & Utomo. (2016). Pendidikan Inklusif "Paradigma Pendidikan Ramah Anak". Banjarmasin: Pustaka Banua.
http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/Hermanto,%20S.Pd.,M.Pd./PERMEN%2070%20TH%202009%20INKLUSI.pdf
http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU14-2005GuruDosen.pdf
Published
2020-11-23
How to Cite
PANGASTUTI, vina istighfar. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Self Efficacy Guru Yang Mengajar Di Sekolah Inklusi Tingkat Dasar Di Banjarmasin. Psycho Holistic, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 220 - 233, nov. 2020. Available at: <https://journal.umbjm.ac.id/index.php/psychoholistic/article/view/632>. Date accessed: 29 sep. 2021.
Section
Articles